marganesha.com

marganesha.com
design baru nih!

Senin, 12 Januari 2015

Mahasiswa Mengulang - Sebuah perjalanan menuju 3,8

MAHASISWA MENGULANG
sebuah perjalanan mengejar 3,8


                Salam Olahraga Sob! hari ini gue mau curhat tentang selama menjadi mahasiswa di 7 semester akhir, ya ampun nggak sadar gue udah 7 semester kuliah Sob! perasaan baru kemaren ikut Ospek, nggak kerasa udah di acc nih proposal skripsi gue. cie . . . cie . .
            Banyak suka dan duka yang gue alami selama jadi mahasiswa, gue kuliah di jurusan calon guru olahraga di UNY, Universitas Negeri no woman no crY. Masalah no woman no cry ini nggak akan gue bahas dulu. Ntar aja gue upload. Nah sekarang fokus pada curhatan gue dulu. tentang absurdnya kuliah, anehnya dosen-dosen.
            Bisa dibilang gue adalah mahasiswa yang agak “berbeda” dari pada yang lain dikelas gue, ya selain gue ini orangnya yang suka “sok lucu”, gue disebut dengan mahasiswa nomaden, bukan karena gue suka pindah-pindah kampus atau suka berpindah kost, tapi gue ini suka ngulang mata kuliah yang ada di atas ataupun dibawah semester. Gue ini baru semester 7, jadi gue sering tuh ngulang mata kuliah di semester  1, 3 dan 5. Demikian juga waktu gue semester 6, sering gue ngulang mata kuliah di semester 2 dan semester 4. Ada beberapa hal yang mungkin diketahui Sob! gue ngulang mata kuliah bawah bukan karena gue bego, enak aja. Biasanya ada beberapa sebab diantaranya :

1.      Emang dosennya pelit ngasih nilai, kita mau berusaha semaksimal mungkin mulai dari hadir tiap hari (ngga pernah absen kuliah) sampai ngerjain ujian via google pun elu ga akan pernah bisa dapet nilai B+, ya karen dosennya ngga mau gasih nilai A. jadi semaksimal apapun usaha kita, nilainya tetep ga akan bisa A-.


2.      Dosennya punya standard yang tinggi, ini pernah gue rasain ketika mata kuliah salah satu permainan softball Sob! dosennya menerapkan standard atlet softball, jadi mau ngga mau pada akhirnya kemampuan kita harus minimal seperti atlet softball.buat mahasiswa yang berkemampuan biasa-biasa aja kaya gue ini, sudah pasti nilai dibawah B bro, bahkan yang atlet softball aja nilainya ga ada yang lebih dari B+.  Itu bisa diibaratkan kayak lu baru belajar les gitar dan dalam 5 bulan lu harus udah manggung di café. Berat Sob! ( kok, nggak nyambung sih!)

3.      Keanehan seorang dosen, teori terakhir ini gue dapetin waktu dapat mata kuliah Biomekanisme Olahraga Sob! waktu itu sih kuliahnya biasa-biasa saja, ya namanya juga biomekanisme, ngga jauh dari itung-itungan. Padahal buat mahasiswa olahraga seperti kami, itung-itungan itu haram bagi kami. Banyak yang gagar otak setelah pertemuan ke-5. Makanya temen-temen gue sering males kalau ada kuliah ini. Biasanya pada telat masuk kelas, atau bolos lewat pintu belakang. Pas ujian juga demikian. Tapi pas tahu nilainya Sob! temen-temen yang sering telat masuk, yang sering bolos, yang terkadang ga bisa jawab waktu dosen tanya, dan yang jarang ngumpulin tugas malah dapet di atas B+, sedangkan yang biasa aja kayak gue ini malah dapet nilai C, bahkan lebih parah lagi ya, yang pinter aja cuma dapet B. gue ucapin selamet deh buat elu yang dapet nilai bagus.

4.      Kesibukan Dosen, Kuliah Kosong, Ngga dapet Ilmu, Nilai Pas. Nah mungkin dari loe pasti pernah mengalami hal ini. Ceritanya ini adalah dosen yang berkualitas, tapi sibuknya minta ampun. Sering ninggal kuliah, akibatnya mahasiswa menjadi bego karena nggak tahu harus bagaimana, mau kuliah via online males ngga ada kuota, kasih tugas da dikumpulkan via email juga nggak beda. cuma copas.
            Pengalaman ini gue alami waktu dapet matakuliah Pembinaan Ekstrakurikuler, pada dasarnya ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami calon guru olahraga sob! masuk kuliah pertama sih materinya keren banget, sangat inspiratif. Tapi masa-masa indah itu hanya satu kali pertemuan. Ternyata pertemuan berikutnya kosong, kosong, kosong, sampai tak terhitung jumlah kuliah kosong mata kuliah ini. Ternyata dosen ini punya kesibukan lain, jadi manager sebuah klub lah, ada proyek seminar lah, semua itu dikemas dalam dalih “punya kesibukan yang tidak ditinggalkan”.
            Memang gue nggak sok-sok.an/munafik ye Sob! ada mata kuliah kosong y ague seneng lah. Bisa istirahat, bisa main game, bisa nongkrong, dll. Tapi kalo kuliahnya kosong terus menerus. Gue nggak akan bisa tenang lagi sob. perasaan gue nggak enak. Akhirnya tepat di akhir kuliah, dan saat nilai muncul. cuma dapet nilai pas, antara C – B. tepok jidat! Kami rela sih pak dapet tugas banyak dan tiap hari kuliah. Tapi akhirnya dapet nilai yang baik, ya minimal B+ lah. Kami juga butuh dosen yang betul-betul dosen yang punya quality time buat mahasiswa. Kami butuh dosen yang ada saat mahasiswa butuh inspirasi.   

      Sebenarnya sih bukan melulu salah Dosen sih Sob! mungkin karena guenya aja yang agak males ya atau mungkin ada beberapa dosen yang ngga suka dengan keseharian temen-temen mahasiswa, kadang kami bisa serius, kadang juga butuh refreshing. Kadang butuh masukan dan inspirasi juga. Terkadang kami juga rame nya kebangetan. Bahkan tak jarang kelas kami mengganggu kelas lain. Ya memang gitu keadaanya.
     
      Tapi dari mengulang mata kuliah, ada beberapa hal baru yang membuat gue ngga alergi dengan mengulang mata kuliah lagi, seperti :
a.       Dapet dosen yang lebih baik, dalam arti kamu dapet dosen yang lebih menyenangkan, inspiratif, dan lebih pintar. Waktu gue ngulang mata kulaih sering gue nemuin dosen yang ngajarnya lebih santai Sob! lebih lucu suka bercanda, tapi seius dan pinter, Nah! Dosen-dosen seperti inilah yang dicari oleh mahasiswa. Cinta pada dosen berarti cinta pada mata kuliah yang diajar. Ibarat gue ngga suka pelajaran matematika, tapi kalau dosennya lucu kayak Raditya Dika, siapa yang mau bolos ?
b.      Dapet temen-temen baru, kalo ngulang disemester bawah otomatis kamu dapet temen adik angkatan yang masih lucu-lucu nggemesin, tapi jangan salah, biasanya kamu dianggap alien waktu ngulang mata kuliah, karena kamu itu dianggap makhluk asing bagi mereka. Tapi sering jalan bersama, mulai menerima kehadiran kamu kok, asalnya kedua belah pihak sama-sama terbuka lho, kamu ngga terlalu sombong untuk kenalan dengan mereka dan mereka tidak meng-eksklusif-kan diri.pasti kamu dapat temen yang banyak. Apalagi tiap kelas kan punya bunga desanya masing-masing. Jadi suatu tantangan baru buat dapet no.HP dan PIN BB doi. ( gue modusin MLM)

            Tidak terasa kira-kira sudah ada 7 kelas berbeda yang gue ikutin, dari situ gue setidaknya punya kenalan disetiap kelasnya. Ya minimal 8-10 orangg yang kenal lah dari sekitar 50 mahasiswa setiap kelasnya. Nggak semua bisa kenal selama satu semester itu. Nggak semua kelas bisa menerima kehadiran kakak kelas yang ngulang juga. Pernah juga gue diasingkan bagai alien dalam suatu kelas. Tapi bukan masalah lagi bagi gue. ada kelas juga yang menerima gue dengan baik. Mereka tanya-tanya soal mata kuliah di semester atas, Tanya tentang dosen ini, dosen itu.
“ mengulang mata kuliah angkatan bawah menambah pengalaman”
 dan tentunya terima kasih buat 7 kelas yang sudah mengisi cerita kehidupan gue, gue kangen kalian.

               










2 komentar:

  1. Keanehan dosen gue
    1 kelas bisa dapet D semua


    salam kenal ya
    andrianryudo.blogspot.com

    BalasHapus

kritik dan saran itu berharga bagi kami