marganesha.com

marganesha.com
design baru nih!

Sabtu, 14 Maret 2015

Donor Darah, Kita Sehat Mereka Selamat

DONOR DARAH

dan kesehatanmu lho Sob!
bloopendorse.com


         Halo Sob! udah lama gue ngga posting nih . . masih alasan klasik yaitu sibuk sehingga belum ada waktu aja buat nge-posting beberapa tulisan gue. Masih sama dengan postingan-postingan gue sebelumnya, posting kali ini masih seputar kehidupan gue dalam bersosialisasi.   Nah beberapa waktu yang lalu gue melakukan yang namanya donor darah. Ya donor darah, sudah menjadi rutinitas gue beberapa tahun yang lalu, setiap 2,5 bulan/ 75 hari sekali gue melakukan donor darah. Eits . . jangan kabur dulu Sob! gue mau cerita pengalaman gue waktu donor darah nih, mulai dari pertama kali donor darah sampai bisa selfie bareng mbak-mbak petugasnya lho . . . monggo disimak . . :)

- -^v^- -
            Pertama kali kalian mendengar kata “donor darah” pasti kalian membayangkan :
1  1.Suntikan yang rasanya pasti sakit.
2  2. Keluar darah yang cukup banyak.
3  3. Lemes karena kekurangan darah.
4  4. Drakula si penghisap darah ( kalo kalian kepikiran ini, gue saranin jangan banyak nonton film animasi).
            Betul kan ? berarti sama, itu yang terlintas dipikiran gue waktu pertama kali mau mendonorkan darah. Pikiran gue saat itu macem-macem Sob! tapi akhirnya gue buletin tekad untuk mendonor darah waktu itu karena satu, gue yakin beberapa tetes darah gue mungkin bisa menolong orang yang hampir mati. enggak gue bercanda. Waktu itu memang gue udah datang ke Palang Merah Remaja waktu SMA pas lagi acara donor darah. kebetulan ada cowok-cowok yang ngaku keren di deket situ, akhirnya gue niat pamer pada anak-anak keren itu. Ternyata donor darah itu biasa aja. Singkat cerita gue pamerin tuh bekas donor darah ke cowok-cowok keren itu. Gue nantang mereka buat ikutan donor darah. dan apa yang terjadi, taka da satupun dari mereka yang berani. Dasar cowok keren tapi cemen!
            Berawal dari “pamer” itulah akhirnya gue jadi rutin ikut donor darah. karena setiap donor darah, gue berasa keren dan cowok banget. Sekarang lu tanya aja pada 10 orang cowok siapa yang berani donor darah, dan berapa cowok yang berani. Yah sekali-kali boleh nyombong lah. Dari situ gue jadi aktif dalam segala kegiatan sosial walau tidak terjun secara langsung dalam ikut ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMA gue. Tapi kalo ada kegiatan yang bersifat sosial atau amal. Pasti gue ikut. Ya ikut jadi panitia ataupun peserta.             
            Nah . . berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering gue terima semisal lagi sosialisasi tentang donor darah, atau pas menjadi pembicara di talk show di SMP-SMA tentang donor darah :

Kenapa sih harus donor darah mas ?
1.      Dari bagian tubuh kita, secara normal yang bisa di donorkan hanya berupa darah saja, karena darah bisa diproduksi terus menerus. Kalo donor yg lain sepertinya tidak lazim, contoh: donor ginjal ( serem ya)
2.      Ketika darah didonorkan, seketika itu juga tubuh memproduksi darah baru, otomatis darahmu akan ter-regenerasi kembali, ibaratnya seperti “hidup kembali”( syukur kalo setelah donor darah kamu bisa move on)
3.      Darah berguna untuk beberapa jenis penyakit, seperti Leukimia, Anemia akut, dll. ketika ada orang kecelakaan dan mengeluarkan banyak darah. mereka juga butuh sumbangan darah secara cepat, apalagi kalau ibu dan anak-anak. (kasihan juga ya) maka dari itu, darahmu akan berguna untuk menyelamatkan mereka.

Donor darah sakit nggak sih mas ?
   Bagi yang cowok, mungkin kamu pernah bertanya “kalau (maaf) sunat itu sakit enggak pah ?, trus papah menjawab, “ kayak digigit semut kok dek”. Ya itu jawabannya!
2.      Kalo yang cowok, sakit donor darah tuh kayak lihat mantan udah jalan sama kekasih barunya. Intinya nggak sakit sih! emang kamu harus move on.

Ada effect nya nggak ?effect jangka pendek/panjang nya apa ?
1.      Doyan makan, nggak tau kenapa nih sehabis donor darah jadi nafsu sama gebetan, bukan bukan sorry. . nafsu makan. Mungkin karena tubuh butuh sari-sari makanan untuk memproduksi darah baru kali ya, makanya nafsu banget makannya.

Bang, ntar kalo kena jarum suntik bisa kena HIV/AIDS gemana ?
1.      Alat untuk donor darah sudah ada standard dan otomatis udah steril dek, Bahkan bisa bertahan sampai beberapa tahun jika kemasan tidak rusak. Selain itu sebelum digunakan, alat donor darah ini akan di sterilisasi dulu memakai etanol, jadi virus mau[un bakteri bisa mati.
Syarat pendonor darah apa sih mas ?

1.      Umur 17 – 60 tahun
2.      Berat badan: Paling sedikit 45 kg
3.      Suhu badan : 36,6 – 37,5 C
4.      Tekanan Darah
            Sistolik: 110 – 160 mmhg
            Diastolik: 70 – 100 mmhg
5.      Denyut Nadi: teratur; 50 – 100 per menit
6.      Hemoglobin: 12,5 %
7.      Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5x, dengan jarak sekurang-kurangnya 8 minggu. Keadaan ini harus disesuaikan dengan kesehatan donor.
                                                                                    (sumber: PMI setempat)

Bang, itu buat KTP ato donor darah ? banyak kali syaratnya . .
1.      Itu sudah ada standard nya bah! ya syarat itu supaya lancar dan aman saja. gak mau kan sesuatu terjadi habis kita donor darah ? kalo nggak sehat bisa mati kau bah! ( ini orang batak yang tanya, aku jawab pake logat batak juga. Boru Sitanggang aku ini).

  
           Wah ini diskusinya makin seru aja nih, sampai-sampai mau berantam, oke peace bang! aku ini anak baek-baek. sekian dulu ya Sob! nanti di sambung lagi . . lama-lama di hajar juga sama abang bataknya ini . . kaburrr...............



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran itu berharga bagi kami