marganesha.com

marganesha.com
design baru nih!

Kamis, 02 April 2015

GARDEP 53

CALON GARDEP DAGADU DJOGJA ANGKATAN 53


            Selamat hari jum’at, gimana kabar kalian Sob! hehe . . . udh lama ngga posting! lagi nih . . oke kali ini gue mau cerita dan share pengalaman baru gue beberapa minggu bahkan beberapa bulan kemarin mengikuti tahapan/proses seleksi di sebuah perusahaan Cinderamata alternatif khas Jogja. Mungkin sebagian besar dari kalian udh pada tau kali ya, orang jogja pasti udah kenal sama yang namanya Dagadu Djogja, bener kan ?
            Ini cerita gue asli bro, 99% nggak ada rekayasa, apalagi rekayasa kamera 360, bukan!. Ini sebatas pandangan seorang yang ingin mencoba pengalaman baru. Ada pengalaman suka, ada pengalaman tidak enak, ada kejadian aneh, dll. semua sudah terangkum disini. Jadi mohon maaf sebelumnya jika ada kata-kata atau pendapat yang menyinggung PT.Aseli Dagadu Djogja. untuk setiap pengalanan yang telah dilalui, saya ucapkan banyak terima kasih.
            Selanjutnya akan gue ulas tahap demi tahap proses seleksi yang terjadi sob! jadi simak baik-baik dan jangan sampai ketinggalan.
* _ * _ * _ *


            Ceritanya malam itu gue mau update film terbaru dan video stand up comedy Sob! main limuny ( layanan internet mahasiswa uny) yang internetnya cepet gitu, (konon mitosnya kecepatan downloadnya bisa nyampe 12 Mgb/sec, kalo lg sepi sih!) langsung buka browser langsung muncul website uny.ac.id, limuny, dan iklan rekruitmen Gardep 53.  lihat ada iklan gardep (garda depan) angkatan 53, dalam hati sih “kayaknya perlu gue cobain nih, mumpung lagi nganggur. Iseng-iseng dapat pengalaman lah”. Nah dari situ gue mengisi pendaftaran online trus catet syarat dan tugas selanjutnya ( CV. semenarik mungkin, pas foto, dll). dan selanjutnya akan gue ulas tahap demi tahap proses seleksi yang terjadi sob! jadi simak baik-baik dan jangan sampai ketinggalan.
Pengembalian Formulir Pendaftaran dan Front Interview ( 14-29 Januari 2015)
            Setelah mengisi formulir secara online malam itu juga, gue langsung brain storming nih, cari ide untuk membuat CV. Sekreatif mungkin dan beberapa syarat lain yang harus dipenuhi. Malam itu juga gue mencoba mendesign dengan Corel Draw. Hari selanjutnya bikin surat lamaran pekerjaan, dll. akhirnya gue ngumpulin formulir pendaftaran di Jogjatourium, Jl.Gedongkuning Selatan. Setelah mengembalikan terus menunggu untuk Interview.
            Setelah menunggu, beberapa saat kemudian dipanggil memasuki ruangan, disana sudah ada mas OT, namanya mas Fahad. Disuruh memperkenalkan diri, dll. diluar dugaan, interview hanya berjalan sekitar 8-10 menit saja. kemudian pulang. Gitu doang ternyata interview kerja. . .
Tes Tulis ( 1 Februari 2015)
            Akhirnya pengumuman tiba, kayaknya semua peserta lolos di Front Interview deh, selanjutnya Tes Tulis. Syaratnya pada pelaksanaan tes ini harus berpakaian rapi, ya hampir kayak sales yang cari downline gitu. tempatnya  di STIM YKPN, Monumen Jogja Kembali (Monjali) masih ke utara sekitar 1 Km.
            Waktu itu pagi-pagi dari rumah ke monjali, sekitar 40 menit dari bantul lah. udah dandan rapi (celana kain, dasi, sepatu pantofel, dll). sampai disana minder dan agak canggung juga, ga ada temen yang dikenali, semua berpakaian rapi. Sedangkan gue . . . krik . ..krik. .
             Tes telah tiba, gue dapet bangku depan nih Sob! gue PeDe kalo dapet bangku depan, soalnya kalo tes dapatbangku paling depan biasanya gue beruntung, waktu SNMPTN gitu sih. Tes yang diberikan asik, keren, beda banget. Habis itu dilanjutkan dengan sesi Alumni Gardep dan sesi Supervisor. Dan bagi-bagi hadian (sebut saja voucher!)
Pagi harinya langsung pengumuman (2 februari 2015).
FGD (Forum Group Discuscion) dan Depth Interview ( 3-17 Februari 2015)
            Bener kan gue bilang, gue hoki kalo tes paling depan. Akhirnya bisa lanjut pada tahapan berikutnya yaitu FGD dan Depth Interview. Kemudian milih hari yang selo/free akhirnya dating ke Yogyarourium lagi, ketemu dengan beberapa temen baru, dan kenalan, kemudian kami semua dipanggil untuk diskusi 10 orang, kami diberikan soal oleh kakak OT (panitia gitu deh) untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam beberapa menit.
            Nah kami saling berpendapat, kalo gak salah temen waktu itu ada arkham, theo, shely, fafa, tejo, kholil, ova, tomy, dll. kami diskusi mengenai sebuah cerita dgn siapa yg harus diprioritaskan, adu pendapat terjadi, beda pemikiran sudah pasti. Tapi kami tetap harus menyelesaikan soal ini. kemudian dilanjutkan depth interview dgn mbk fifi, ditanyain macem-macem, yang menarik sih waktu itu ditanya “dalam tas kamu ada benda atau sesuatu gitu yg menarik ?” duh apa nih, isi tas gue cuma pakaian ganti. Untung ada gantungan kunci  angry bird buatan gue sendiri, benar-benar beruntung.
User Interview (9-23 Februari 2015)
            Diluar dugaan, gue bisa sampai tahap akhir dari proses interview ini. dari panitia sudah menentukan hari sih, tapi pas kebetulanada acara. Akhirnya hari itu juga juga interview di kantor PT.ADD di jalan sonopakis kalo gak salah. puter”kemana, pake google maps gak ketemu juga, sampai tanya pada bapak satpam UPY baru bisa tau alamatnya. Makasih pak Satpam. Sampai disana ada kakak panitia, namanya mas Kevin. Disuruh menunggu. Dan disuruh masuk. Didalam sana sudah ada dua orang yang kayak juri Indonesian Idol yaitu beliau pak hadi, dan mas supervisior lupa namanya. di-interview sampai dalam. Tapi akhirnya bisa menyelesaikan tahap ini. yakin lolos ? yakin 100%
Pengumuman 25 Februari 2015
            Nah itu adalah beberapa tahapan seleksi, tahap selanjutnya adalah tahap Training dan Magang. Ayo masih penasaran kan ? simak dibawah ini :)
Breafing Outdoor n Indoor (27 Februari 2015)
            Tahapan seleksi udah aman, buktinya gue masih semangat! Sebelum tahap training dimulai, diadakan breafing terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri dan kelompok sebaik mungkin. Mas dan mbak panitia membagi sekitar 78 peserta kedalam beberapa kelompok. Waktu itu gue dapet kelompok Okey untuk training outdoor dan untuk training indoor kelompok Daya Gagas Dunia. Nah dari situ kita diberikan tugas per kelompok, seperti membuat identitas tim dan yel-yel tim. Untuk kelompok indoor kami diberikan tugas untuk membuat proposal sebuah acara.
Outdoor Training (1 Maret 2015)
            Hari minggu itu disuruh kumpul di OMU’S Store, Jl. Pakuningataran ( utara Tugu Jogja) dari kemarin disuruh bikin yel-yel, kayaknya mau outbond nih! Setelah kumpul satu tim, akhirnya kami berangkat ditemani oleh mas Fahad sebagai panitia pendamping. Tugas pertama mengarah ke suatu tempat yaitu Tugu Jogja. Kami pamer yel-yel di perempatan tugu itu. Kemudian ada tugas menerjemahkan dan mengartikan makna dari tulisan yang ada di 4 sisi tugu tersebut. Dengan kerjasama dan dibantu internet. Kami berhasil menyelesaikan tugas ini. puja kerang ajaib!
              Selesai dari Tugu, tidak lupa kami berfoto bersama, kemudian kami berjalan keselatan. Beberapa menit berjalan kami tiba di pos permainan lompat tali. Disini ada 2 orang yang memainkan tali, dan yang lain melompat. Kerjasama dan kekompakan kami diuji disini. Harus mendengarkan intruksi si pemain tali. Tapi tim kami belum bisa menyelesaikan tugas ini. kami dicoreng deh pake cream hitam.
            Setelah itu kami berjalan lagi, sampai pos “saling kenal”. yap! Kami dituntut harus mengenal nama-nama satu tim kami, tidak cuma nama, tapi ada nama pacar/mantan, ada tanggal lahir, daerah asal, dll. nilai yang kami peroleh dari permainan ini adalah kita harus saling mengenal anggota tim ini. mau gak mau ya harus kenal. namanya juga satu tim.
              Jalan lagi yok, kami ada tugas lagi nih . . yaitu berfoto dimonumen Kepada Kereta (nDas Sepur) disana ada monument sebuah kepada kereta klasik, itu mungkin salah satu kereta pertama yang dipakai di Jogja. Ada tugas juga cari tahu tarif becak atau ojek untuk sampai di Mall Malioboro, Alun-Alun Utara, dan Yogyatourium. Setelah tanya kepada beberapa tukang becak, kami cari harga yang paling murah. Setelah itu kami kumpulkan pada mas Fahad. Ada tugas lagi berfoto dengan Andong, mencari tahu Big Bang ala Jogja dan sebuah “Gauk”. Malioboro sampai Alun” Utara. Dari kumpul di OMUS store, yel-yel, pemberangkatan, cari arti tulisan yg ada ditugu, permainan di sepanjang pinggir  jl. Mangkubumi, mampir dimonumen “ndas sepur” (kepala kereta). Foto dan permainan di gauk, big bang ala jogja, titik 0.km, masjid agung kauman, sampai halaman keraton jogja
Indoor ( 6-8 Maret 2015)
            Hari Jum’at pagi kami berkumpul di depan OMUS store lagi untuk berangkat training indoor. Berangkat menggunakan 4 bus tipe Kopaja ke Kaliurang. Dan rencana panitia  selama 3 hari nginep di kaliurang, sampai disana dibagi kamar. Dan  sekamar bareng temen yang belum kenal jauh, ternyata sebagian besar anak STMIK AMIKOM, ini pada niat banget daftar kerja parttime. Selama tiga hari kami diberikan ilmu materi tentang dagadu, mulai dari sejarah hingga perkembangannya. Dari situ kita bisa mengenal dan bisa termotivasi untuk menjadi garda depan.
            Dari 3 hari itu kami dapat materi yang hebat, kami juga presentasi proposal didepan juri dari pimpinan dagadu, nonton film buatan per kelompok, belajar make over ada pemateri yang bagus, yg kurang juga ada, yg lucu juga ada. dan tidak lupa kami juga mengerjai OT dengan berpura-pura berkelahi, ya calon adik angkatan yg tidak mainstream.
Tour the Gerai (9 Maret 2015)
            Tour the Gerai pada intinya sih mengunjungi dan melihat-lihat kondisi semua gerai dagadu. Mulai dari muter-muter dari Jogjatourium ke Gerai Soboharsono ( Alun-alun utara) dan ke Posyandu ( Pos Pelayanan Dagadu) di mall malioboro. Itu semua kami lakukan untuk melihat seperti apa sih kondisi yang ada disana, melihat gardep aktif yang sedang bekerja, dll.
Magang (10-23 Maret 2015)
            magang ini selama 8x shift selama 2 minggu, jadi kami masuk dan belajar menjadi gardep. Mulai dari hafalin jobdesk, menghafal daftar harga, tata cara sosialisasi (kedatangan, kenalan, dll). kenalan dengan mas dan mbak angkatan sebelumnya, dimentorin sama angkatan sebelumnya. Mentor ada yang baik, ada yg judes, ada yg imut (ciee). Mas dan mbak Supervisor juga ada yg baik, benar-benar bisa belajar, tapi ada juga yang aneh, ada juga yang pengertian (cieee). Banyak illmu, banyak pengalaman juga. Banyak suka dan duka juga, itu pasti. Setelah magang ini akan diumumkan siapa yang akan benar-benar menjadi gardep 53. Tunggu saja pengumumannya.
Wispel/ Wisuda Pelantikan ( 1April 2015)
            Wispel ini adalah semacam ceremony peresmian gardep angkatan baru yang akan menjalani masa 8 bulan kontrak dan gardep angkatan lama yang sudah habis masa kontrak 8 bulan. Sayang gue hanya tau sebatas itu Sob! karena memang gue tidak ada dalam acara ini. tau kan artinya ?
            Ya sudahlah, mungkin memang belum beruntung, tapi sudah sejauh ini, pengalaman yang sangat berharga, tidak akan sia-sia. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat terutama mas dan mbak OT (panitia) atas kerja keras kalian. sehat dan semangat selalu diberikan pada kalian dan teman-teman yang akan menjalankan masa tidak nyaman selama 8 bulan kedepan. :)




“Lebih baik kehilangan suatu pekerjaan daripada kehilangan diriku sendiri”
- Spiderman 3


Twitter :@dagadudjokdja 
               @infogardep.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran itu berharga bagi kami